Apa Itu Omni Channel Retail?

Apa Itu Omni Channel Retail?

Omni channel adalah sistem online offline yang kini mempermudah proses jual beli pada sebuah website. Omni Channel merupakan sebuah penghubung antara penjual dan pembeli agar bertransaksi dengan mudah secara online. Mudahnya proses transaksi akan memberikan pengalaman belanja yang super fantastis pada para pelanggan.

Bagi pemilik bisnis online, Anda harus melengkapi website Anda dengan menggunakan Omni Channel, karena Omni Channel akan mempermudah siapa saja dalam melakukan akses website toko online selama 24 jam di berbagai perangkat. Adapun perangkat yang dapat digunakan, yaitu laptop, komputer, handphone, netbook, notebook, dan masih banyak lagi lainnya.

Dalam sebuah Omni Channel, para pembeli dapat menukarkan atau mengembalikan barang yang tidak sesuai pada gambar di website. Para pebisnis sudah mengetahui hal ini, sehingga sudah dipersiapkan penanganan terhadap pembeli yang ingin mengembalikan produk. Biasanya proses pengembalian bisa dilakukan pada Omni Channel dengan mudah. Pelanggan hanya tinggal mengikuti langkahnya di website toko online.

 

Peran dan Tantangan Omni Channel

Anda harus mengetahui bahwa Omni Channel memiliki peranan yang sangat penting di website bisnis online. Peran utamanya, yaitu sebagai pengawas website. Proses pengawasan Omni Channel lebih ke pergerakan pelanggan yang akan berbelanja pada website. Melalui pengawasan tersebut, Omni Channel dapat mengetahui bahwa pelanggan tersebut sudah puas atau tidak melakukan belanja produk di website.

Omni Channel juga memiliki peranan untuk mempermudah pengunjung website dalam berbelanja. Adapun peranannya, yaitu menyediakan beberapa informasi tambahan mengenai produk, sehinga pembeli dapat tertarik dengan produk. Bisa jadi Omni Channel ini dapat digunakan sebagai media promosi langsung melalu website Anda. Sangat fleksibel dan tidak membutuhkan waktu yang lama.

 

Apakah menggunakan Omni Channel sangat penting?

Tentu saja penting dan direkomendasikan sekali untuk Anda. Khususnya bagi pebisnis yang memiliki toko online, maka wajib menggunakan ini. Dijamin produk yang berada di website akan laris manis seperti kacang goreng.

Sekarang Anda harus mengetahui tantangan Omni Channel. Ada beberapa tantangan yang harus dilakukan, diantaranya: dapat hadir pada satu channel saja, mampu berjalan pada sistem offline dan online, saling terintegritas secara parsial, dan dapat hadir dalam beberapa saluran, namun tidak terintegritas penuh.

Tantangan ini khusus digunakan untuk membuat Omni Channel semakin maju dalam membantu pengembangan website bisnis online. Anda bisa membuktikan bahwa tantangan ini benar dan sama sekali tidak bohong.

Kelebihan Omni Channel di dalam Sebuah Website

Pelanggan yang melakukan pembelian produk secara online melalui website Omni Channel pasti akan merasakan perbedaan. Pelanggan jelas sekali merasa berbeda ketika berbelanja pada website biasa dan website berbasis Omni Channel. Pada website yang menggunakan Omni Channel, pelanggan bisa melihat semua ulasan produk dari pelanggan lain sebelum membeli, sehingga tidak takut, karena produknya sudah terjamin bagus.

Saat membaca ulasan mengenai produk, Anda bisa mengambil kesimpulan bahwa produk yang dijual memiliki kualitas tinggi atau sebaliknya. Bila produk berkualitas, maka Anda dapat melanjutkan pembelian.

Para pelanggan juga tidak akan kecewa karena ketika stok barang telah habis. Website Omni Channel ternyata secara otomatis akan memberikan informasi kepada pelanggan jika stok habis.

Omni Channel sangatlah bagus untuk website dan memudahkan proses jual beli. Keuntungan menggunakan Omni Channel yang bisa dirasakan oleh pelanggan lainnya dapat dilihat berikut ini:

  1. Meningkatkan pengunjung website, karena belanja di website Anda yang menggunakan Omni Channel lebih mudah dan menarik.
  2. Membuat pelanggan semakin puas dalam berbelanja online karena telah diberikan pelayanan yang terbaik.
  3. Identitas satu pelanggan dapat digunakan untuk berbelanja ke berbagai tempat channel.
  4. Informasi mengenai harga, diskon, ketersediaan produk selalu dijelaskan secara transparan kepada pelanggan, sehingga mereka mengetahui dengan detail tentang informasi produk.
  5. Meningkatkan penjualan produk, hasilnya pendapatan atau keuntungan semakin meningkat pesat.

Kelebihan Omni Channel dapat dirasakan oleh kedua belah pihak oleh karena itu, Omni Channel ini sangat mendukung perkembangan bisnis online yang telah menggunakan website. Tidak salah kalau Anda menggunakan Omni Channel untuk disisipkan pada website Anda, supaya lebih bagus dan keuntungan omset penjualan juga akan mengalami peningkatan secara pesat.

Semakin yakin untuk menggunakan Omni Channel, maka Anda harus mengetahui bahwa ada berbagai perusahaan di Indonesia yang telah menggunakan Omni Channel pada bisnisnya dengan tepat. Konsep Omni Channel yang dipakai tersebut sudah diterapkan pada perusahaan Chipotel, Starbuck, Oasis, Virgin Antlantic, Disney, REI dan Bank of America. Anda juga bisa menggunakannya sama seperti perusahaan bergengsi tersebut.

Suksesnya menggunakan Omni Channel untuk website online dapat dirasakan oleh semua orang. Bahkan, kesuksesaannya akan lebih cepat karena Omni Channel merupakan praktik bisnis yang mengkombinasikan sistem online dan offline. Inovasi yang dilakukan oleh Omni Channel ini sangat unggul, sehingga banyak yang tertarik untuk menyisipkan Omni Channel pada websitenya.

Share this post

Facebook
Twitter
Print
Email