7 Jurus Optimasi Instagram untuk Bisnis dan Personal Branding

7 Jurus Optimasi Instagram untuk Bisnis dan Personal Branding

Saat ini hampir semua orang memiliki akun media sosial untuk berbagi kegiatan dan berinteraksi dengan teman, keluarga, maupun kerabat. Dari Facebook, Twitter, Youtube, Google+, dan tentu saja yang paling populer saat ini Instagram.

Dengan pengguna lebih dari 800 juta di tahun 2019, Instagram yang awalnya dipergunakan sebagai akun pribadi, kini bertransformasi menjadi media untuk mengembangkan bisnis online.

Baik itu personal branding maupun bisnis resmi, Instagram memberikan ruang untuk mengakomodasi keduanya, mempromosikan lebih luas, dan menarik lebih banyak perhatian.

Anda pun ingin melakukan optimasi instagram sebagai bisnis atau personal branding? berikut tujuh jurus jitu yang bisa Anda terapkan.

  1. Foto Berkualitas

    Karena Instagram adalah aplikasi yang ditujukan untuk berbagi foto, maka pastikan bahwa foto yang ada dalam feed Anda adalah foto paling menarik, memiliki kualitas bagus, dan mengundang perhatian. Upload juga beragam foto agar orang tidak merasa bosan dengan postingan Anda.

    Misalkan Anda memiliki bisnis baju online, pastinya akan banyak foto produk baju di Instagram Anda. Ada baiknya di beberapa postingan dimunculkan juga foto candid karyawan, kegiatan promosi di acara tertentu, atau trend style selebriti terkini.

  2. Filter

    Instagram adalah salah satu aplikasi yang menerapkan filter digital dengan cukup banyak pilihan. Untuk mendapatkan akun Instagram dengan nilai estetika tinggi, gunakan filter secara konsisten pada postingan Anda.

    Dari dua puluh lebih pilihan filter gambar yang ditawarkan, tujuh filter berikut paling banyak digunakan oleh pengguna media sosial ini. Filter terfavorit tersebut adalah Lo-Fi, Valencia Rise, Amaro, Hudson, Sierra, dan X-Pro II.

  3. Caption Menarik

    Seperti halnya foto, caption yang menarik pastinya juga akan meningkatkan pengunjung akun Instagram dan meningkatkan followers. Gunakan caption informatif, unik, inspiratif, atau lucu dalam mendeskripsikan bisnis maupun diri Anda.

    Guna meningkatkan bisnis melalui Instagram, Anda bisa menceritakan tentang riwayat bisnis di beberapa caption dengan cara semenarik mungkin. Dengan ini, maka Anda akan menciptakan keterikatan secara tidak langsung dengan pelanggan.

  4. Optimalkan Hashtag/Tagar

    Hashtag atau tagar pada Instagram disimbolkan dengan tanda # sebelum kata tertentu. Hashtag digunakan untuk mengategorikan atau mengelompokkan suatu topik. Hal ini dimaksudkan agar pengguna Instagram dengan mudah mencari postingan dengan hashtag serupa.

    Menggunakan hashtag secara tepat dan relevan, Instagram Anda akan secara tidak langsung mendapatkan lebih banyak viewer. Di dalam bisnis, hashtag biasanya digunakan untuk event give away, kuis, maupun brand hashtag. Maksimal hashtag yang bisa digunakan adalah tiga puluh dan tentu saja hal ini sangat efektif dalam optimasi instagram.

  5. Konsistensi

    Pastikan bahwa Anda mem-posting secara rutin dan perhatikan waktu-waktu dengan respon viewer tertinggi. Jangan biarkan followers Anda menunggu update terlalu lama, tetapi jangan pula memposting secara berlebihan karena viewer bisa jadi akan merasa jenuh.

    Selain konsisten waktu, penting juga untuk memperhatikan konsistensi konten dan gaya bahasa. Anda pun juga harus secara konsisten merespons followers dengan membalas komentar mereka serta menyapa mereka melalui posting-an.

  6. Call To Action

    Call To Action (CTA) adalah menggunakan unsur ajakan dalam postingan agar followers ikut berinteraksi. Gunakan konten yang membuat pembaca meninggalkan komen, membagi postingan, atau mendapatkan banyak likes.

    CTA yang dapat Anda lakukan antara lain melakukan polling atau give away dengan syarat viewer harus follow akun Anda dan share postingan. Anda juga bisa menyelipkan pertanyaan di akhir caption untuk mengundang pembaca membagi pengalaman mereka.

  7. Menyinkronkan Instagram dengan Media Sosial Lain

    Cara ini terbukti sangat ampuh dalam optimasi instagram. Dengan melakukan sinkronasi Instagram dengan akun medsos lain seperti Facebook, Twitter, atau blog, akun akan menarik lebih banyak viewer.

    Facebook misalkan, yang memiliki pengguna lebih dari dua kali lipat dibandingkan pengguna Instagram. Dengan menautkan akun Instagram di akun facebook, bayangkan berapa banyak viewer baru akan Anda peroleh.

    Manfaatkan media sosial untuk meningkatkan bisnis dan personal branding. Tujuh jurus di atas pastinya akan sangat membantu dalam optimasi instagram. Anda pun bisa menggunakan bantuan SAB Digital Agency dalam meningkatkan bisnis secara online dengan penerapan teknik digital marketing yang sesuai dengan kebutuhan.

Share this post

Facebook
Twitter
Print
Email