Cara Pasang Iklan di Google Adwords, Mudah dan Murah!
5 Trik Cara Pasang Iklan di Google Yang Efektif

Cara Pasang Iklan di Google Adwords, Mudah dan Murah!

Share
Share on facebook
Share on twitter
Share on email
Share on print

Jika memiliki usaha berbasis online atau toko online, mungkin Anda sering mendengar bahwa cara tercepat untuk melakukan promosi adalah melalui media sosial. Hal tersebut tidak sepenuhnya salah. Karena melalui media sosial seperti Facebook dan Instagram, sudah banyak toko online yang mendapatkan omzet ratusan juta hingga puluhan milyar. Namun, tahukah Anda bahwa dengan mengetahui cara pasang iklan di Google akan menaikkan potensi bisnis online?

Apa bedanya Google Adwords dengan media promosi lainnya?

Sebagai mesin pencari terbesar di dunia, Google memiliki tempat untuk mengiklankan produk yang bernama Google Adwords. Anda bebas mengatur penempatan iklan, menyesuaikannya dengan lokasi target pasar, hingga mengatur bahasa yang digunakan. Yang menarik, Anda hanya dikenakan biaya setelah iklan tersebut di klik. Artinya, Anda bisa pasang iklan gratis.

Beberapa alasan yang perlu Anda pertimbangkan untuk menggunakan Google Adwords adalah:

1. Meminimalkan Biaya

Tidak perlu mengeluarkan biaya besar yaitu Rp200.000 saja, Anda bisa menayangkan iklan untuk bisnis. Apabila ada orang mencari kata kunci bisnis Anda di Google, mereka akan menemukan iklan dengan link bisnis online tersebut di halaman pertama Google. Saldo untuk iklan Google Adwords juga tidak akan berkurang jika tidak ada yang mengklik iklan Anda.

2. Pengunjung yang Berkualitas

Salah satu kelebihan Google Adwords adalah pengunjung iklannya merupakan mereka yang sungguh mencari produk dan jasa dari Anda. Karena iklan bisnis yang ditayangkan Google Adwords benar-benar ditujukan untuk target pasar, lebih besar kemungkinan pengunjung tersebut akan menjadi konsumen bisnis online Anda.

3. Mengalahkan Kompetisi

Saat ini, seluruh bisnis online berlomba-lomba untuk berada di halaman pertama Google dengan kata kunci tertentu. Berbagai teknik marketing pun dilakukan agar tujuan tersebut tercapai. Namun, Anda bisa menggunakan Google Adwords dan berada di halaman pertama dengan mudah.

Poin di atas adalah berbagai alasan untuk menggunakan Google Adwords. Dengan begitu, bisnis Anda dapat menjangkau banyak konsumen dengan mudah.

cara pasang iklan di Google

Cara pasang iklan di Google Adwords

Cara pasang iklan di Google Adwords cukup mudah karena hanya butuh beberapa menit untuk memasang iklan di sini. Anda bisa memberi batasan berapa biaya yang sanggup dikeluarkan untuk setiap harinya. Jadi, tidak perlu bingung lagi dengan tagihannya.

  1. Pertama, kunjungi google.com. Anda diharuskan memiliki akun Google untuk dapat menggunakan fasilitas Google Adwords.
  2. Masukkan alamat website atau alamat toko online
  3. Selanjutnya, ikuti petunjuk untuk memasukkan tujuan dan sasaran iklan. Tentukan seberapa luas lokasi target sasaran Anda.
  4. Kini saatnya menulis iklan Anda. Perjelas produk dan layanan yang ditawarkan dan apa saja yang membuat bisnis Anda unik.
  5. Setelah itu, masukkan kata kunci yang mewakili bisnis Anda. Misalnya jika Anda menjual sepatu, silakan tulis kata kunci seperti “sepatu merah”, “Sepatu Adidas”, “beli sepatu bagus”, dan lain sebagainya.
  6. Masukkan anggaran harian Anda untuk iklan. Anda bisa memilih dari Rp13.000 hingga Rp3.500.000 untuk anggaran iklan per harinya.
  7. Selanjutnya, tentukan metode pembayaran Anda dan tinjau prasyaratnya.
  8. Selamat, iklan Anda akan ditayangkan di Google.

Cukup mudah bukan? Namun, untuk mendapatkan hasil maksimal, masih ada yang harus dilakukan. Berikut beberapa tips untuk membuat iklan online yang tepat sasaran dan efektif:

1. Buat iklan yang terstruktur dan tepat sasaran

Jika Anda mengiklankan banyak produk atau jasa sekaligus, pastikan kata kunci iklan tersebut tepat dan sesuai. Selalu evaluasi kata kunci yang cocok untuk produk berbeda. Cara termudah adalah menggunakan “Keyword Tool” yang bisa memberikan informasi mengenai kata kunci yang sedang tren dan sering dicari.

2.  Buat iklan yang bermakna dan jelas

Pastikan memberikan deskripsi jelas dan menjawab pertanyaan calon konsumen. Caranya dengan memilih kata kunci yang berhubungan dengan produk Anda dan deskripsi yang sesuai.

3. Berikan link sesuai dengan produk yang Anda iklankan

Jangan berikan link yang mengarah ke halaman utama website Anda, tetapi langsung berikan link ke produk yang diiklankan. Dengan begitu, calon konsumen tidak perlu repot mencari produk yang mereka inginkan.

4. Gunakan analisis web

Selalu pantau iklan Anda menggunakan analisis web untuk melihat data pengunjung iklan. Dengan begitu, Anda bisa menyesuaikan kata kunci mana yang efektif dan sesuai dengan produk yang ditawarkan.

Jika Anda masih merasa kebingungan cara pasang iklan di Google atau ingin bantuan profesional dalam meningkatkan potensi bisnis online, kunjungi SAB Digital Agency. SAB siap membantu mengoptimalkan bisnis secara online dengan menerapkan teknik digital marketing sesuai kebutuhan, termasuk penggunaan Google Adwords dengan baik dan tepat. Semoga artikel ini bisa membantu Anda!

Leave a Comment

Ready to start your project with us?