5 Metode Optimasi Website yang Gratis dan Bisa Dilakukan Sendiri
5 Metode Optimasi Website yang Gratis dan Bisa Dilakukan Sendiri

5 Metode Optimasi Website yang Gratis dan Bisa Dilakukan Sendiri

Share
Share on facebook
Share on twitter
Share on email
Share on print

Mengoptimasi website mungkin masih menjadi tantangan bagi yang baru memulai. Banyaknya sumber bisa jadi membantu atau malah membuat Anda tambah bingung. Dengan mengetahui teknik optimasi website yang benar, pengelolaan situs Anda selanjutnya akan berjalan lebih lancar.

Sebenarnya, bagaimana teknik optimasi website yang tepat? Setidaknya, ada lima metode optimasi website gratis dan bisa dilakukan sendiri, yaitu:

1. Membuat Desain Website yang Nyaman di Mata.

Desain website yang nyaman di mata tidak hanya soal pilihan kombinasi warna, font, hingga layout secara keseluruhan. Beberapa poin di bawah ini juga perlu jadi pertimbangan:

  • Panduan, termasuk navigasi menu, yang jelas.
  • Boleh pakai iklan, tapi jangan terlalu banyak.
  • Keterangan tentang website jelas.
  • Ada kolom respon, buku tamu, guestbook, hingga email yang bisa dikontak.
  • Pilihan kombinasi warna layout tidak menyakiti mata.
  • Pilihan font huruf mudah dibaca.

2. Membuat Link Internal yang Relevan.

Link internal yang relevan adalah link dengan kata kunci yang dapat dilacak oleh robot-robot crawl Google dengan lebih mudah. Semakin relevan dan berkualitas link internal yang Anda buat, maka secara otomatis website Anda akan lebih mudah ditemukan pada mesin pencari Google–dan halaman satu pula.

Cara membuat link internal yang relevan di website adalah dengan menggunakan kata kunci tertentu yang merujuk pada artikel yang ada di website yang sama. Contoh: bila artikel travel panjang dan harus dipecah jadi dua, maka pada artikel bagian kedua bisa diisi dengan link internal ke artikel bagian pertama.

3. Membuat Link Eksternal yang Kualitasnya Bagus.

Selain link internal, membagikan link eksternal juga merupakan teknik optimasi website yang harus dicoba. Banyak sekali website atau media sosial yang bisa menjadi wadah untuk membagikan link eksternal website Anda. Jadi, jangan ragu-ragu untuk membagi-bagikannya sebanyak mungkin.

Cara membuat link eksternal yang kualitasnya bagus adalah agak mirip dengan dengan link internal. Bedanya adalah, link eksternal merujuk pada website lain yang menjadi sumber tulisan. Misalnya, review buku terbaru dengan link eksternal tentang buku itu di media digital lain.

4. Mengandalkan Backlink.

Backlink adalah teknik optimasi website yang hingga kini juga masih diandalkan. Teknik ini termasuk salah satu strategi SEO off page. Jadi, Anda meninggalkan backlink di website lain (baik lewat komentar di buku tamu/guestbook maupun forum), dengan harapan ada user lain yang akan tertarik mengunjungi website Anda.

Meskipun bisa melakukannya sendiri, perhatikan juga website lain yang Anda incar untuk meletakkan backlink. Ada yang bisa untuk menaruh backlink dofollow gratis dan ada yang harus berbayar. Hindari juga langsung menyebar backlink ke banyak website sekaligus agar tidak terlacak sebagai spamming oleh Google.

5. Membuat Konten Berkualitas dan Memanfaatkan Plugin.

Jangan sampai terlalu sibuk mendandani website dengan tampilan paling indah sampai menelantarkan isinya. Bila ingin website semakin dikunjungi dan disukai banyak orang, buatlah konten yang berkualitas. Konten yang berkualitas (apalagi relevan dengan demografis user website) akan membuat website selalu dikunjungi.

Sebagai contoh, bila website Anda topik utamanya tentang kuliner, Anda bisa mengisinya dengan artikel-artikel tips memasak, makanan yang sedang trending, hingga review tempat makan terkini. Variasikan juga dengan keberadaan video tutorial memasak dan foto-foto makanan yang menggugah selera.

Selain konten, manfaatkan plugin agar lebih menarik dan memudahkan user berpindah konten di website Anda. Untuk metode optimasi website yang gratis, Anda tinggal install CMS pada panel-panel host yang ada. Plugin juga berpotensi menambah jumlah pengunjung di website karena secara otomatis menempatkannya di urutan pertama mesin pencarian Google.

Dengan plugin, Anda bisa langsung menentukan kata kunci (keyword) pada artikel konten yang berpotensi terlacak oleh Google. Beberapa plugin yang bisa digunakan adalah:

  • All In One.
  • SEOPress (our personal favourite!).
  • Yoast SEO.

Inilah lima metode optimasi website gratis yang bisa dilakukan sendiri. Selama berani mengulik-ulik sendiri, Anda akan menemukan cara yang pas dan mudah. Namun, bila masih membutuhkan bantuan seputar teknik optimasi website, ada SAB Digital Agency dengan pelayanan terbaik.

 

Sumber:

https://idwebhost.com/blog/cara-optimasi-seo/
https://www.biangcara.com/pengertian-internal-link-dan-external-link-dan-cara-membuatnya/
https://webhostmu.com/cara-seo-website-menggunakan-blog/
https://www.dewaweb.com/blog/panduan-lengkap-search-engine-optimization-seo/
https://irvantaufik.me/blogging/tutorial-internal-link/

Leave a Comment

Ready to start your project with us?