5 Manfaat Utama Online Presence untuk Bisnis dan Pribadi
5 Manfaat Utama Online Presence untuk Bisnis dan Pribadi

5 Manfaat Utama Online Presence untuk Bisnis dan Pribadi

Share
Share on facebook
Share on twitter
Share on email
Share on print

Saat ini internet banyak digunakan sebagai media promosi ataupun marketing. Jika dulu orang harus bersusah-payah saat hendak menjual dan memperkenalkan produk ke pasaran, maka saat ini berkat berkembang pesatnya jaringan internet, orang bisa dengan mudah melakukannya di mana pun dan kapan pun.

Dengan kemudahan tersebut, muncul juga tantangan baru. Banyaknya website dan media sosial saat ini, mendorong kita untuk bisa menonjol dibandingkan banyaknya situs lainnya. Disinilah peran online presence sangat penting. Cari tahu yuk lebih dalam serta manfaat-manfaat yang bisa kita dapatkan.

Apa itu Online Presence?

Jika diartikan ke dalam Bahasa Indonesia, online presence memiliki arti kehadiran online. Kehadiran online disini berarti website Anda memiliki atensi tersendiri bagi viewer dengan traffic yang cukup signifikan dibandingkan website-website lain.

Kita ambil contoh dengan banyaknya toko retail yang terpaksa gulung tikar. Mereka secara cepat digantikan oleh toko-toko online yang namanya melejit. Dari sini kita tahu bahwa online presence sangatlah penting dalam meningkatkan bisnis online.

Bagaimana Memulai Online Presence?

Jika Anda baru membuka bisnis online, kemungkinan besar masih bingung harus mulai dari mana. Hal penting pertama adalah website yang kuat. Website optimal memiliki waktu respons cepat dan konten menarik serta informatif. Disinilah SEO (search engine optimization) berperan penting.

Karena tujuan Anda adalah online presence maka sangatlah penting untuk selalu aktif di platform. Pastikan bahwa Anda mudah dijangkau oleh pengunjung dan senantiasa menjalin interaksi dengan mereka. Pelajari juga CTO (conversion rate optimization) website Anda.

Apakah Manfaat Utama Online Presence?

Nah karena sekarang Anda sudah tahu apa itu kehadiran online serta tips singkat untuk memulainya, maka perlu juga memahami manfaat utamanya. Untuk lebih meyakinkan Anda, berikut lima manfaat online presence sebagai media promosi bisnis dan personal branding.

  1. Meningkatkan Online Brand

    Di Abad 21 ini kebanyakan orang menghabiskan waktu mereka beraktivitas secara online. Mendapatkan perhatian mereka secara otomatis akan menaikkan kepopuleran brand atau bisnis Anda.

    Pelanggan tentunya ingin merasa nyaman dalam menggunakan uang mereka demi barang atau jasa yang Anda tawarkan. Karenanya, ciptakan online presence yang baik sehingga pengunjung website akan lebih yakin dan bahkan memberikan feedback positif atas kepuasan mereka.

  2. Memamerkan Produk / Jasa Jadi Lebih Mudah

    Anda tidak perlu repot memikirkan showroom, toko, atau waktu dengan adanya website. Manfaatkan online presence secara efektif untuk memamerkan apa yang ingin Anda tawarkan kepada pengunjung.

    Entah itu website ataupun sosial media, ceritakan dan buatlah posting sebanyak dan semenarik mungkin tentang bisnis Anda. Secara konsisten, update para viewers dengan produk terbaru melalui koleksi foto atau caption informatif. Anda pun bisa menciptakan personal branding diri Anda sendiri melalui online presence.

  3. Semakin Mudah Berinteraksi dengan Pelanggan

    Karena website dan sosial media adalah sarana membangun hubungan, maka online presence yang kuat akan memberikan koneksi lebih intim dengan pelanggan. Di sosial media seperti Youtube, Facebook, atau Instagram misalnya, berkomunikasi dengan followers bukanlah hal yang rumit atau sulit.

    Anda pun dapat dengan mudah mencari tahu tentang pelanggan, mengukur tingkat kepuasan mereka, serta menjadikan mereka pelanggan setia. Loyal customer pastinya akan menarik lebih banyak customer lain. Karenanya, hadirlah selalu untuk mereka dan buatlah mereka nyaman dengan apa yang Anda tawarkan.

  4. Alat Penjualan Sempurna

    Online presence akan memberikan Anda keuntungan yang tidak ada hentinya. Bagaimana tidak? Dengan memiliki reputasi yang baik orang-orang akan secara otomatis menyebarkan informasi ke komunitas yang lebih luas.

    Lebih dari sembilan puluh persen pengguna internet suka menggunakan mesin pencari seperti Google. Jika hasil pencarian menampilkan online presence yang kuat dan positif, hal tersebut telah menjadi mesin marketing bagi Anda. Pelanggan yang berada jauh dari lokasi Anda pun jadi bisa tahu.

  5. Aksesibilitas

    Bandingkan dengan toko fisik dimana Anda dan karyawan harus selalu stand by di tempat dan itu pun tidak bisa dilakukan 24 jam sehari. Dengan online presence, website memberikan Anda showroom virtual yang selalu tersedia bagi pelanggan.

    Kapan pun pelanggan bisa mengakses produk, jasa, atau konten yang Anda sediakan. Hal ini tentu saja akan menciptakan kepercayaan tersendiri buat customer.

    Selain memperkaya diri Anda sendiri tentang pentingnya online presence buat personal branding maupun bisnis, Anda pun bisa mempercayakan marketing online Anda pada SAB Digital Agency. Dengan penerapan teknik digital marketing, SAB Digital Agency mampu mengoptimalkan bisnis online sesuai kebutuhan.

Leave a Comment

Ready to start your project with us?