Call us: 
0821-7733-6889
Call us: 
0821-7733-6889
Call us: 
0821-7733-6889
Call us: 
0821-7733-6889
Strategi Marketing Campaign

7 Tips Strategi Marketing Campaign agar Bisa Meraih Sukses

July 29, 2022
No comments
Share

Strategi marketing campaign merupakan strategi yang digunakan dalam kampanye pemasaran untuk mempromosikan tujuan spesifik perusahaan. Marketing campaign bisa berupa promosi untuk produk baru agar dikenal pasar. Bisnis perlu melakukan strategi yang tepat sehingga tujuan spesifik tersebut bisa tercapai.

Apa itu Marketing Campaign?

Marketing campaign adalah usaha terorganisasi untuk mempromosikan tujuan spesifik perusahaan seperti mengenalkan produk baru. Mereka biasanya bertujuan untuk menjangkau pelanggan dengan berbagai cara dan melibatkan kombinasi media. Misalnya saja promosi khusus produk baru melalui media seperti email, iklan cetak, televisi, radio, sosial media, dan lain-lain.

Marketing campaign berbeda dengan advertising campaign. Marketing merupakan bagaimana sebuah perusahaan meningkatkan kepedulian pada brand dan meyakinkan pelanggan agar membeli. Sementara itu, advertising merupakan proses untuk menciptakan pesan persuasif terkait tujuan bisnis. Advertising campaign bisa menjadi salah satu bagian dari strategi marketing campaign.

Ada beberapa tipe dari marketing campaign, seperti social media campaign, affiliate marketing, brand development, product marketing, dan lain-lain. Selain itu marketing campaign juga terdiri dari beberapa komponen. Komponennya antara lain:

Goal dan KPI (Key Progress Indicator)

Komponen ini mendefinisikan tujuan akhir dari kampanye pemasaran. Ini perlu berupa tujuan yang spesifik dan dapat diukur, dan metrik apa yang digunakan. Misalnya marketing campaign dengan tujuan agar postingan website mendapatkan trafik alami sebanyak 1.000 view setiap bulan. Ini bisa diukur melalui Google Analytics.

Channel

Channel merupakan tempat perusahaan memasarkan konten dan pesan pemasarannya. Misalnya jika menjalankan kampanye marketing media sosial. Pilih beberapa platform media sosial yang memang efektif untuk menjangkau target audiens. Bisnis perlu menggunakan channel yang memang berpotensi mendapatkan pelanggan loyal.

Budget

Tidak semua strategi marketing campaign membutuhkan budget yang besar. Bisnis bisa menyesuaikan dengan dana yang dimiliki. Penggunaan budget bisa untuk bekerja sama dengan agensi marketing profesional. Tenaga profesional untuk advertising penting agar kampanye yang berjalan bisa berkualitas sekaligus efektif.

Format Konten

Bisnis perlu menentukan konten seperti apa yang akan efektif dalam marketing campaign. Pemasar umumnya melibatkan format konten yang bervariasi dalam sebuah singular campaign. Misalnya, sebuah branding campaign bisa melibatkan iklan video, press release, dan blog tamu.

Tim

Sebuah marketing campaign membutuhkan tim yang handal dan solid agar sukses. Sebelum memulai campaign, pastikan tim terdiri dari orang-orang yang bisa bekerja untuk setiap aspek campaign. Ini mulai dari penulisan/copywriting, mendesain, media, dan pelaporan. Tim tersebut juga bisa memakai jasa pihak ketiga untuk beberapa hal yang tak bisa dilakukan sendiri.

Aset Kreatif

Sebuah marketing campaign yang sukses memerlukan kreatif aset. Ini bisa berupa desain website, video komersial, atau infografik interaktif. Desain perlu terlihat profesional dan cocok dengan tujuan dari kampanye pemasaran tersebut.

Tips Menciptakan Strategi Marketing Campaign yang Sukses

Sebagian besar pemasar mengungkapkan jika menggunakan strategi konten yang bagus merupakan kunci sukses. Tak hanya membuat orang tertarik membeli namun juga menjaga mereka agar menjadi loyal. Oleh karena itu penting untuk membuat konten marketing yang berkualitas. Jika kesulitan membuat sendiri, maka bisa menggunakan jasa agensi atau pihak ketiga yang profesional.

Bisnis yang ingin agar marketing campaign-nya berhasil perlu menerapkan strategi khusus. Berikut ini beberapa tips menciptakan marketing campaign strategy yang sukses:

Jangan Underestimate Peran Media Sosial

Media sosial merupakan salah satu tempat terbaik untuk promosi produk di era digital. Promosi media sosial ini bisa ditujukan untuk pelanggan lama atau pelanggan baru. Melalui media sosial, bisnis bisa dengan mudah berinteraksi dengan pelanggan. Bagikan konten marketing campaign yang sesuai dengan target audiens.

Buat kalender konten sehingga bisa menerbitkan konten yang efektif. Jika akun media sosial dikelola dengan baik maka bisa membantu membangun hubungan baik dengan pelanggan.

Menggunakan Teknologi untuk Memahami Kekuatan Bisnis

Bisnis harus bisa memanfaatkan teknologi yang ada untuk melacak apa yang disukai oleh pelanggan. Ini juga terkait dengan apa yang disukai dari konten marketing yang telah diterbitkan.

Google Analytic bisa membantu untuk melacak apa yang disukai oleh follower. Selain pemasaran online, pelacakan pemasaran offline juga bisa dilakukan melalui teknologi. Misalnya kissmetrics yang menggunakan URL dan kode kupon untuk melacak trafik ke website.

Melanjutkan Menerbitkan Konten Blog Perusahaan Secara Rutin

Menerbitkan konten secara rutin bisa membantu memberikan exposure pada audiens. Postingan yang dilakukan secara rutin menciptakan kepercayaan dan loyalitas pada pelanggan. Ini memberikan bukti bahwa bisnis tersebut memang sedang aktif dan terus bekerja. Pelanggan juga akan bisa mengingat brand bisnis jika melihat postingan yang terus diunggah secara rutin.

Mengadakan Event Online atau Offline

Mengadakan event untuk marketing campaign bagus untuk berinteraksi dengan pelanggan. Ini juga bermanfaat bagi keberlangsungan bisnis. Event penting untuk membangun hubungan antar personal dan koneksi.

Jika sulit melakukan event secara offline maka event bisa dilakukan secara online. Sebagian pelanggan mungkin malah lebih menjangkau event online tersebut. Saat event, bisnis perlu memberikan informasi eksklusif, workshop, hadiah, atau diskon spesial.

Mengatur Timeline untuk Campaign

Menentukan sebuah deadline untuk kampanye marketing bisa membantu perencanaan yang lebih teratur. Ini bisa memberikan gambaran seberapa sering mempromosikannya. Tak hanya deadline akhir saja, namun timeline dimulai dari awal. Timeline campaign ini bisa lebih mudah jika disesuaikan dengan kalender konten yang ada. Periksa aset marketing bisnis dan pilih channel yang sesuai untuk mempromosikannya.

Memahami Tensi Budaya Terbaru

Setiap produk atau jasa yang dipasarkan dapat berdampak pada budaya. Untuk mencari tahu dampak dari brand tersebut maka bisa menanyakan apakah masalah masyarakat bisa teratasi atau diperparah dengan produk tersebut. Adanya informasi tersebut maka bisnis bisa mencoba menemukan celah bagaimana cara mempromosikan produknya.

Bisnis bisa menemukan kesuksesan dari dua sisi yang mungkin berlawanan. Sebuah produk mungkin bisa memiliki pandangan negatif di satu sisi, namun juga memiliki manfaat di sisi lainnya. Asalkan tidak melanggar peraturan, produk tersebut masih bisa dipromosikan dan diterima pelanggan yang mengesampingkan sisi negatifnya.

Mengingat Pelanggan yang Sudah Ada

Marketing campaign strategy sebaiknya tidak melupakan adanya pelanggan lama. Mengenalkan produk baru tidak harus pada pelanggan baru saja, namun juga untuk pelanggan lama. Bisnis bisa mengapresiasi pelanggan lama dengan memberikan potongan harga. Pelanggan lama mungkin tidak hanya fokus pada marketing campaign namun mereka tetap tak boleh terlupakan.

Strategi pemasaran memiliki peran penting agar sebuah bisnis bisa dikenal dan mendapatkan pelanggan. Bisnis memerlukan strategi pemasaran yang bisa membantu mewujudkan tujuan perusahaan. Strategi marketing campaign fokus pada tujuan tertentu misalnya untuk produk atau fitur baru yang ingin dipromosikan. Bisnis yang bersungguh-sungguh dalam marketing campaign ini bisa mewujudkan tujuan spesifiknya sekaligus meningkatkan nama brand.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ready to start your project with us?
Let's talk!
chevron-down